Rabu, 21 Maret 2012

JAKARTA DULU KOTA TERCANTIK DI ASIA, KINI KOTA TERKUMUH NOMOR TIGA DI DUNIA

Batavia, itulah awal mula nama kota ini, nama Batavia ini berasal dari sebuah nama benteng Belanda di pesisir pantai utara Jakarta, yang sekarang bernama pelabuhan Sunda kelapa. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda kota Jakarta bernama Batavia dan merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda. pemerintah Belanda mendesain kota ini mirip dengan kota Amsterdam di Belanda. seiring barjalan waktu kota Batavia ini berkembang pesat dan maju. pemerintah Hindia Belanda membangun segala infrastruktur seperti stasiun, pelabuhan dan gedung gedung pemerintahan. gaya bangunan eropa semakin mempercantik kota Batavia kala itu. sehingga pada akhirnya kota Batavia ini menjadi kota tercantik di Asia pada masa itu....!











Setelah indonesia Merdeka kota ini bernama Jakarta, seiring berjalannya waktu arus urbanisasi dikota ini semakin besar, masyarakat dari daerah banyak yang datang dan mengadu nasib di kota ini, namun hal ini tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang tersedia dan skil para pengadu nasib itu, sehingga menimbulkan banyak masalah di kota ini. kepadatan penduduk yang kian membengkak menjadi faktor utama di kota ini. minimnya pengetahuan dan pendidikan menjadi landasan awal permasalahan di kota Jakarta. maka timbul lah kesemrawutan serta ketidak seimbangan lingkungan, kota yang tadinya kota tercantik di Asia kini berubah menjadi kota yang kotor dan kumuh. Jakarta adalah kota terkumuh nomor 3 di Dunia setelah kota Rio de jeneiro di Brazil dan Mexico city di Meksiko.







Sungguh ironis kota yang dulu cantik kini berubah menjadi buruk rupa. Jakarta menyimpan berjuta masalah yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. sehingga tidak heran jika Indonesia kalah bersaing dalam kekuatan pariwisata di Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar